Lomba Mengulas Buku dalam rangka memeriahkan Hari Buku Nasional





Sebab, kalau cuma makan, binatang juga bisa makan. Lantas, kalau cuma pakaian, binatang juga  punya bulu. Buku, bisa membaca, itulah yang membuktikan manusia punya kebanggaan, punya kebudayaan, punya peradaban.

 – Remy Sylado

Bidang Riset Pengembangan Keilmuan  IMM FKIP UMS 2020/2021 mengadakan Lomba Mengulas Buku dalam rangka memeriahkan Hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei 2021. Lomba ini ditujukan untuk mahasiswa/mahasiswi se-Indonesia. Peserta bisa memilih akan mengulas buku fiksi maupun buku nonfiksi. Lomba ini akan berlangsung selama bulan Mei dengan rentang waktu :  9 sampai dengan 25 Mei adalah waktu pendaftaran dan pengumpulan karya, 27 sampai 29 Mei adalah waktu penjurian, dan 30 Mei adalah waktu pengumuman pemenang Lomba. Seluruh rangkaian lomba akan berlangsung secara daring. Juara 1, 2, dan 3 pada lomba mengulas buku ini akan memperoleh hadiah berupa uang saku dan sertifikat juara. Setiap peserta yang telah mendaftar dan mengumpulkan karya akan mendapatkan sertifikat peserta. Lomba ini tidak dipungut biaya pendaftaran alias “Gratis”.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk bagikan pengalaman membacamu dan cerita tentang buku kesukaanmu dalam lomba ini!

Ketentuan karya ulasan buku pada lomba kali ini adalah meliputi :

1.      Peserta bisa mengulas buku fiksi maupun nonfiksi.

2.      Karya memuat : Judul ulasan, identitas buku (judul buku, penulis, tahun terbit, penerbit, dan tempat terbit), swafoto pengulas dengan buku yang diulas, sinopsis buku, dan ulasan terhadap buku yang dibaca.

3.      Karya yang dikumpulkan adalah asli hasil ulasan peserta pribadi, tidak sedang didaftarkan dalam perlombaan lain dan karya belum pernah memenangkan lomba.

4.      Ketentuan penulisan :

·        karya maksimal 5 halaman,

·        ukuran kertas A4,

·        ditulis dengan font Times New Roman ukuran 12

·        margin  kiri, kanan, bawah, atas masing-masing 3 cm

·        spasi 1,15 cm

·        dikumpulkan dalam format pdf dengan penamaan : Nama Lengkap_Judul Ulasan_Asal Universitas.

5.      Karya yang menjuarai lomba ini berhak untuk diunggah di media milik IMM FKIP UMS

Kriteria penilaian dari lomba ulasan buku ini meliputi : Orisinalitas karya, penggambaran sinopsis buku, gaya bahasa, dan kecakapan penilaian terhadap buku yang diulas.

Demikian Lomba Mengulas Buku ini kami umumkan. Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat meningkatkan kecintaan pemuda/pemudi indonesia dengan buku. Dengan begitu budaya membaca menulis tetap lestari dan dengan itu generasi penerus peradaban bangsa akan kian bestari.

Salam Literasi!!! Atas partisipasinya kami ucapkan terimakasih : D

Link Pendaftaran lomba : http://bit.ly/LombaMengulasBukuIMMFKIP
Link Pengumpulan karya : http://immfkip.ums.ac.id/2021/05/lomba-mengulas-buku-dalam-rangka.html 

Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Labels

Recent Posts

Label Cloud

About (3) Agenda (14) Artikel (22) bidang hikmah (4) Bidang Immawati (1) Bidang Kader (2) bidang SPM (1) BTKK (5) buletin (2) Data Base (2) ekowir (1) galeri (5) Immawan (2) Immawati (9) Informasi (10) islam (2) Kajian (1) MAKALAH (2) muktamar48 (2) Opini (16) Organisasi (4) Profil (1) Puisi (4) Resensi (6) Review (1) struktur (2) Tabligh (2)

QOUTES

Tidak akan ada kebenaran yang muncul di kepala, bila hati kita miskin akan pemahaman terhadap ajaran agama Allah.
-KH.Ahmad Dahlan